Utusan Khusus Presiden Taiwan akan Hadiri Penyemayaman Paus Benediktus

Utusan Khusus Presiden Taiwan akan Hadiri Penyemayaman Paus Benediktus

Presiden Taiwan Tsai Ing-wen akan mengirimi utusan khusus untuk mendatangi penyemayaman bekas Paus Benediktus di Vatikan Kamis minggu ini. Seperti dikutip Reuters Minggu 1 Januari 2023, kantor Tsai menjelaskan itu ialah demo “pertemanan yang dalam” di antara Taiwan dan Vatikan, yang belakangan ini mulai mesra dengan China.

Dalam sebuah pengakuan pada Sabtu malam, kantor kepresidenan Taiwan menjelaskan Tsai sudah menunjuk bekas Wakil Presiden Chen Chien-jen, seorang Katolik yang patuh, sebagai utusan terutamanya untuk penyemayaman, “berdasar pertemanan dalam di antara negara kami dan Vatikan”.

Chen ke Vatikan 3x sepanjang memegang, pada 2016, 2018, dan 2019, terhitung mendatangi upacara kanonisasi Bunda Teresa.

Pada September, saat berkunjung Vatikan untuk beatifikasi bekas Paus Yohanes Paulus I, sebagai utusan Tsai, Chen berjumpa dengan Paus Fransiskus dan meminta untuk “berdoa untuk Taiwan”.

Program Serum Rambut Bila Mempunyai Rambut Lembut Alami Perlu atau Akan Percuma

Vatikan ialah salah satu sekutu diplomatik Eropa untuk Taiwan. Tetapi, Taipei tengah sedih melihat Paus Fransiskus bergerak untuk membenahi jalinan dengan China. Pulau yang diperintah secara demokratis itu cuma mempunyai jalinan resmi dengan 14 negara, mayoritas karena penekanan China.

Benediktus, paus pertama kali dalam 600 tahun yang memundurkan diri dan pembawa standard untuk golongan konvensional yang mengidamkan Gereja yang lebih tradisionil, wafat pada Sabtu 31 Desember 2022. Pemakamannya akan diselenggarakan pada Kamis 4 Januari 2023 di pusara beberapa Paus di Santo Basilika, Vatikan.