Status Terdakwa Mahasiswa UI yang Meninggal Belum Luruh Polisi Ada Prosesnya

Status Terdakwa Mahasiswa UI yang Meninggal Belum Luruh Polisi Ada Prosesnya

 

Polisi mengatakan status terdakwa yang dipakai mahasiswa UI, Mohammad Hasya Athallah Saputra, tidak dapat langsung ditarik. Kepala Sektor Jalinan Warga Polda Metro Jaya Komisaris Besar Trunoyudo Wisnu Andiko menjelaskan ada proses hukum yang perlu dilalui untuk mengambil status itu.

“Ada proses hukum yang perlu dilaksanakan. Ada prosesnya, jadi tidak dapat dengan kewenangan,” tutur Trunoyudo di Seasons City Mall, Sabtu, 4 Februari 2023.

Kecelakaan di Depok, Ertiga Hampir Terjerumus ke Kali karena Jauhi Pengendara Motor

Hasya Athallah Saputra meninggal dalam kecelakaan jalan raya yang terjadi pada Oktober tahun kemarin di Srengseng, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Dia jatuh saat menunggangi motor lalu tertabrak Mitsubishi Pajero yang ditumpangi pensiunan polisi berpangkat Ajun Komisaris Besar Eko Setia Budi.

Nestle Akan Meningkatkan Harga Produk Makanan

Advokat Keluarga Ungkapkan Janji Kapolda Metro Jaya di Kasus Kematian Mahasiswa UI

Polisi memutuskan Hasya yang telah meninggal dunia sebagai terdakwa karena dipandang lupa dalam berkendaraan. Polisi lalu mengeluarkan surat Perintah Pemberhentian Penyelidikan atau SP3 pada 17 Januari 2023

Pengendara Fortuner Membawa Samurai dan Air Softgun, Musuh Arah Lalu Hancur Brio di Senopati, Polisi: Kami Check

Trunoyudo menerangkan penentuan terdakwa ke Hasya Athallah dilaksanakan secara formal. Polda Metro Jaya akan minta anjuran dan pengkajian dari beberapa ahli hukum untuk mengulas pencabutan status itu. Maksudnya untuk ketahui apa dapat dilaksanakan lewat proses di luar dari peradilan.

“Kita saksikan apa beberapa ahli dapat memberi satu pengkajian di luar dibanding proses yang berjalan, ini kita coba juga. Di luar dari proses peradilan,” kata Trunoyudo.

Sekarang ini, kepolisian belum mengulas penuntasan permasalahan dengan restorative justice. Polda Metro Jaya sudah membuat team diskusi dan pendampingsi untuk menginvestigasi kasus ini. Kepolisian melangsungkan rekonstruksi ulangi kecelakaan yang tewaskan mahasiswa UI itu.

Dalam rekonstruksi ulangi diperlihatkan episode saat Hasya Athallah jatuh diperhitungkan untuk menghindar sepeda motor yang lain membelok ke kanan. Ketika bertepatan Mitsubishi Pajero yang ditumpangi Eko lewat dan menubruknya.

Eko tidak mengantar Hasya Athallah ke rumah sakit dengan kendaraannya. Tetapi, dia menghubungi ambulans yang tiba 30 menit selanjutnya.

Rekonstruksi Kecelakaan Mahasiswa UI Peragakan 9 Episode, Hasya Jatuh Jauhi Motor

Informasi Seterusnya

Ibu Brigadir Yosua: Putri Candrawathi Fitnah Anak Saya, Tidak Punyai Hati Nurani

15 menit yang lalu

Artikel Berkaitan

Kecelakaan di Depok, Ertiga Hampir Terjerumus ke Kali karena Jauhi Pengendara Motor

Pengendara Fortuner Membawa Samurai dan Air Softgun, Musuh Arah Lalu Hancur Brio di Senopati, Polisi: Kami Check

Sidang Vonis Ferdy Sambo dan Istri Hari Ini, Polda Metro Jaya Kerjakan Tactical Wall Games

Kriminolog UI: Polisi Tidak Mengambil Momen Benahi Citra di Kasus Kecelakaan Mahasiswa UI

Menjelang Vonis Ferdy Sambo, Polisi Kerahkan Team Gegana Brimob Polri

Korban Pemerkosaan di Tol Jakarta-Tangerang Baru Mengenal Aktor, Diberikan iming-iming Netbook

Jalan Pitara Depok yang sejajar dengan Kali Cabang Barat memang beresiko karena sering terjadi kecelakaan motor dan mobil nyemplung di jalan itu.

Polres Metro Jakarta Selatan mengecek pengendara Fortuner yang bawa samurai dan air softgun dan menghancurkan mobil lain di teritori Senopati Jakarta.

Kepolisian sudah mempersiapkan personil penyelamatan sidang vonis Ferdy Sambo di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada Senin, 13 Februari 2023, ini hari.

Kriminolog UI menyesalkan kepolisian tidak mengambil momen untuk mengatur citra di kasus kecelakaan mahasiswa UI Hasya Athallah.

Mendekati vonis tersangka Ferdy Sambo, Polri kerahkan team gegana untuk amankan jalannya sidang.

Korban pemerkosaan baru mengenal aktor beberapa saat dan diberikan iming-iming akan dibelikan netbook.

Polda Metro Jaya terjunkan 785 personil untuk penyelamatan konser group band Westlife di Stadion Gelanggang olahraga Bung Karno, Sabtu, 10 Februari 2023.

Trunoyudo Wisnu Andiko sebutkan sudah tangkap aktor pemerkosaan wanita yang diketemukan di batas tol Jakarta-Tangerang.

Polda Metro Jaya tidak dapat pastikan pemicu kematian wanita yang diketemukan meninggal di PIK, Jakarta Utara.

Kompolnas memandang penyidik yang tangani kasus meninggalnya mahasiswa UI Hasya Athallah kurang professional, hingga status terdakwa Hasya ditarik.