Soroti Kasus Surya Darmadi Walhi Singgung Pembukaan Tempat Rimba yang Masif untuk Korporasi

Soroti Kasus Surya Darmadi Walhi Singgung Pembukaan Tempat Rimba yang Masif untuk Korporasi

Sarana Lingkungan Hidup (Walhi) memandang kasus Surya Darmadi cuman satu dari demikian persoalan dalam tata urus perkebunan sawit. Pengkampanye Rimba dan Kebun Walhi Nasional Uli Arta Siagian menjelaskan perombakan rimba dilaksanakan demikian masif untuk diambil kekayaannya oleh korporasi.

“Luas perkebunan sawit di Indonesia sekarang ini capai 16,lima juta hektar. “8,lima juta hektar telah dilepaskan dan 71 prosentasenya atau enam juta hektar diberi untuk korporasi sawit,” kata Uli dalam dialog Menyinggung Rugi Keuangan Negara dan Ekonomi Kegiatan Ilegal dalam Teritori Rimba Kasus Surya Darmadi, Kamis, 19 Januari 2023.

Menurut Uli, praktek buka rimba, menanaminya dengan sawit, selanjutnya mengoreksi tata ruangan untuk pelepasan teritori rimba telah seperti modus yang jamak diketemukan. Tidak ada penegakan hukum dan pantauan yang ketat juga membuat nilainya jadi makin luas.

Dalam kerangka ini, Uli memberikan contoh praktik-praktik yang sudah dilakukan dengan memakai Pasal 110 a dan 110 b UU Cipta Kerja mengenai pemutihan kejahatan pelanggaran aktivitas usaha di teritori hutan—yang selanjutnya diganti dengan penerbitan Perpu Cipta Kerja pada 30 Desember 2022.

Menangani Kaki Lebam pada Ibu Hamil Jauhi Makanan Asin Terlalu berlebih

Walau UU Cipta Kerja dipastikan inkonstitusional oleh Mahkamah Konstitusi pada 2021 lalu, dalam kerangka rimba dan perkebunan sawit, pasal 110a dan 110b masih tetap jalan. Berdasar data yang dihimpun Walhi sampai Agustus 2022, minimal ada 1.192 subyek hukum yang terdeteksi di surat keputusan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)—bahkan sampai tahapan ke tujuh.

“Dan dari 1.192 itu, sekitaran 52 prosentasenya atau 616 substansinya ialah korporasi . Maka, semakin banyak lebih banyak mengolah 110a dan 110b ayat a. Dan 110 b ayat b yang dapat digunakan untuk menampung kegiatan warga itu benar-benar kecil dan lamban diolah,” ungkapkan Uli.

Selanjutnya dari 616 korporasi, 587 unit salah satunya sebagai perkebunan. Maknanya, proses ini bisa banyak dicicipi korporasi sawit. “Dapat dipikirkan jika dalam kasus Surya Darmadi kerugiannya sampai 78 triliun, berapakah besar rugi negara jika ini semua dihitung?” kata Uli.

Dari substansi korporasi yang berproses itu, dia meneruskan, minimal ada 24 perusahaan yang telah mendapatkan lampu hijau. Karena, telah lewat semua proses dalam Pasal 110a dan 110b. Sebagai catatan, sebagian besar korporasi itu sebagai korporasi sawit.

“Ini kami bisa dengan memutar ulangi rapat bersama DPR dan KLHK. Karena selain itu kami tidak bisa info. Benar-benar tertutup,” tutur Uli.

Walhi memandang tingginya angka peristiwa musibah di Pulau Jawa tidak cuma karena factor alam.

Jawa jadi pulau yang menyumbangkan jumlah musibah paling banyak dibanding daerah lain di Indonesia.

Dalam turunan UU Cipta Kerja, pekerjaan KPH sekarang cuma hanya fasilitator dan administrator pengendalian rimba.

Lucy Kurniasari akui komisinya tak pernah dlibatkan dalam ulasan RUU Kesehatan atau RUU Cipta Kerja

Benturan pegawai PT GNI memetik beberapa tanggapan dari Kapolri sampai Partai Pekerja. Walhi Sulteng paksa perusahaan tambang itu ditutup.

Untuk Jokowi, yang terpenting bukan masalah nama, tetapi penuntasannya yang cepat.

Demonstrasi pekerja ini hari di Patung Kuda, Jakarta Pusat, bawa jadwal khusus menampik Perpu Cipta Kerja

Demonstrasi pekerja menampik Ketentuan Pemerintahan Alternatif Undang-undang Cipta Kerja atau Perpu Cipta Kerja pada Sabtu, 14 Januari 2023, diharap pemerintahan dengar suara karyawan pekerja wanita mendapat cuti haid dan tidak mendapatkan PHK sewenang-wenang.

Massa demonstrasi pekerja menampik Perpu Cipta Kerja mulai bergabung di muka Pintu Irti Monas dan siap-siap ke Patung Kuda

Sandrayati Moniaga narasi jalinan persahabatannya dengan Angela Hindriati semenjak tergabung di Walhi. Angela ialah korban mutilasi di Bekasi.