Sering Dikunjungi Sungai Siak Perlu Dipasang Rambu Bahaya Buaya

Sering Dikunjungi Sungai Siak Perlu Dipasang Rambu Bahaya Buaya

Balai Besar Pelestarian Sumber Daya Alam (BBKSDA) Propinsi Riau meminta Pemerintahan Kota Pekanbaru memasangkan rambu peringatan bahaya buaya di Sungai Siak. Arah rambu itu untuk tingkatkan kesiagaan masyarakat yang ada di teritori sungai dalam komunitas buaya itu.

“Memerlukan kesadaran dari pemerintahan dimulai dari kelurahan dan kecamatan untuk memasangkan rambu peringatan di Sungai Siak, karena Sungai Siak itu komunitasnya buaya,” kata Kepala Sektor Daerah I BBKSDA Riau Mulyo Hutomo ke Di antara di Pekanbaru, Kamis, 1/11. Terakhir masyarakat sekitaran memang memberikan laporan munculnya buaya di sungai itu dalam seminggu paling akhir.

Jumlah Kasus Penculikan Anak Bertambah Tilik Pesan KPAI Ini

Mulyo Hutomo menjelaskan rambu-rambu itu wajib untuk mengingati masyarakat supaya siaga saat ada di sekitaran komunitas buaya. Di Riau ada empat sungai besar khusus tempat buaya biasa ada, yaitu Sungai Rokan, Siak, Kampar dan Indragiri.

Biasanya buaya yang sering nyelonong itu ialah buaya muara (Crocosylus porosus) dan buaya senyulong (Tomistima sp) yang menempati sungai-sungai itu. Buaya muara umumnya hidup dan berkembang lebih maksimal pada muara-muara sungai. Makin ke hilir komunitasnya makin kecil.

Sementara buaya tipe senyulong memimpin sisi hilir sungai. “Yang di Sungai Siak itu buaya senyulong. Cirinya ialah mulutnya panjang serta lebih kecil dari buaya muara. Ia sebetulnya pemakan ikan,” kata Hutomo.

Dia menjelaskan sebetulnya buaya jarang sekali menyengaja serang manusia. Rutinitas manusialah yang menurutnya sering memacu gempuran buaya. “Dalam pengawasan kami gempuran buaya terjadi secara kejadiantil, umumnya karena warga tidak mengetahui daerah perairan itu komunitas buaya.”

Dari informasi-informasi yang dihimpun di Lampung, buaya itu diperhitungkan lepas dari penangkaran.

Reptil berkembang biak, lewat tiga langkah. Apa sajakah?

Suzanna, Ratu Film Seram Indonesia sudah memainkan banyak judul film jenis seram. Masih ingat beberapa salah satunya?

Polisi di Texas, Amerika Serikat tangkap buaya yang mengagetkan seorang wanita saat berbisnis di ATM

Topik mengenai Cina mengeluarkan beberapa rudal Dongfeng ke dekat pulau Matsu dan perairan Taiwan jadi informasi paling populer Hebat 3 Tekno Informasi Hari Ini.

Beberapa warga memercayai ada penjaga Danau Tolire yang nyata, berbentuk buaya besar sama ukuran belasan mtr..

BKSDA sudah mengevakuasi jasad seorang remaja dari Danau Tolire pada Kamis

Ekowisata mangrove, yaitu rekreasi pembelajaran yang memprioritaskan keelokan alami dari rimba mangrove dan makhluk hidup didalamnya.

Buaya itu dipiara semenjak kecil oleh pemiliknya, yang beli reptil itu dari website online.

Telah dua pembonceng sepeda motor digigit buaya muara sepanjang 2022. Ke-2  wanita itu dirawat di puskesmas.