Presiden Jokowi 17 Kelokan di Circuit Mandalika Tajam dan Susah

Presiden Jokowi 17 Kelokan di Circuit Mandalika Tajam dan Susah

 

Presiden Jokowi memandang 17 titik kelokan yang berada di pelintasan Circuit Mandalika tajam dan susah. Hal tersebut dia berikan sesudah mencoba circuit sejauh 4,3 km itu, yang berada di Kabupaten Lombok Lombok tengah, Nusa Tenggara Barat, Jumat, 12 November.

“Saya anggap banyak kelokan tajam, ada 17 titik kelokan dan saya anggap semua susah-sulit. Tetapi itu buat saya, jika rider kemungkinan tidak,” tutur Jokowi ke reporter sambil tersenyum.

Disamping itu, Presiden Jokowi akui, saat mencoba Circuit Mandalika, dianya tidak berani memicu motor mengebut – mengebut. Karena, keadaan pelintasan yang basah sesudah diguyur hujan.

“Circuit Mandalika ini circuit baru. Apa lagi barusan hujan, jadi saya tidak berani mengebut. Walau tidak berani mengebut yang lainnya masihlah jauh ketinggalan,” katanya dengan galak tawa bersama reporter.

Anies Baswedan Meresmikan Kantor Sekretariat DPP Komunitas Ulama dan Habaib

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunggangi motor saat coba pelintasan Circuit Mandalika di Lombok tengah, Nusa Tenggara Barat, Jumat, 12 November 2021. Photo: Agus Suparto – Agen Jurnalis Sekretariat Presiden

Saat mencoba pelintasan Circuit Mandalika, Presiden Jokowi didampingi beberapa kelompok menteri, salah satunya Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Menteri Investasi/Kepala Tubuh Koordinir Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia.

Selanjutnya, Ketua MPR sekalian Ketua IMI Pusat, Bambang Soesatyo, Direktur Khusus ITDC Abdulbar M Mansoer, Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah, Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal, dan Danrem 162/WB Brigjen Ahmad Rizal Ramdhani. Dan, pelepasan kelompok presiden dengan menggenggam bendera start Menteri BUMN Erick Thohir.

Motor yang dikemudikan Presiden sebagai motor Kawasaki W175, dengan style Bobber yang memiliki nuansa Kafe Racer, oleh bengkel modifikasi Katros Garage.

Motor Presiden tertulis RI 1, dan ada tulisan nama Jokowi pada bagian bak. Motor diubah dengan ban besar atau yang dikenali di dunia modifikasi dengan tipe “ban gambot” dan suspensi depan mode upside down yang umum diterapkan oleh motor perform tinggi.

Style Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat coba pelintasan Circuit Mandalika di Lombok tengah, Nusa Tenggara Barat, Jumat, 12 November 2021. Photo: Agus Suparto – Agen Jurnalis Sekretariat Presiden

Presiden mencoba pelintasan Circuit Mandalika dengan kenakan jaket motor Rabbit dan Wheels dan bawahan celana panjang balap warna hitam, dan kenakan helm lokal bikinan Bandung, Jawa Barat, merk RSV.

Dan dalam pengesahan circuit, Presiden Jokowi menjelaskan Circuit Mandalika dengan panjang 4,3 km nanti jadi tuan-rumah gelaran balap World Superbike (WSBK) pada 19-21 Nopember 2021 dan MotoGP pada Maret 2022.

“Circuit Mandalika dengan panjang 4,3 km memakai aspal terkini stone mastic asphalt siap dipakai untuk memberikan dukungan moment dunia. Di mana sesaat lagi ada WSBK dan diteruskan di bulan Maret MotoGP 2022,” katanya.

Selainnya resmikan pemakaian Circuit Mandalika, Presiden resmikan beroperasinya Jalan Bypass Lapangan terbang Internasional Lombok (BIL) – Mandalika sejauh 17,3 km.

“Jalan ini menyambungkan di antara Lapangan terbang Internasional Lombok dengan teritori Mandalika sudah usai dibuat dan dipakai, hingga karena ada jalan itu jarak menempuh di antara lapangan terbang dan Mandalika menjadi 15 menit saja,” ucapnya.