Liverpool Peroleh Cody Gakpo dari PSV Eindhoven Jurgen Klopp Ia Pemain Muda dengan Banyak Kekuatan

Liverpool Peroleh Cody Gakpo dari PSV Eindhoven Jurgen Klopp Ia Pemain Muda dengan Banyak Kekuatan

Liverpool sukses memperoleh Cody Gakpo dari PSV Eindhoven. Striker muda Belanda yang tampil memikat di Piala Dunia 2022, cetak 3 gol untuk timnas negaranya itu akan menambahkan baris serang tim bimbingan Jurgen Klopp untuk paruh ke-2  musim 2022-2023.

Gakpo awalnya jadi sasaran Manchester United. Pelatih Erik ten Hag inginkannya tergabung di teamnya pada transfer bursa musim panas lalu, tapi kepindahnya tidak diwujudkan karena Setan Merah lebih mengutamakan penandatanganan Antony dari Ajax.

Pemerintahan Akan Aplikasikan PPKM Kembali bila Kasus Covid-19 Naik

Liverpool bayar sejumlah 37 juta pound sterling (sekitaran Rp 697 miliar) ke PSV Eindhoven untuk membayar Gakpo dibarengi klausul tambahan kurang lebih 13 juta pound (Rp 245 miliar). Si pemain barusan perpanjang kontraknya pada Januari lalu, di mana periode tinggalnya diperpanjang sampai musim akhir 2026.

“Ia pemain yang sangatlah baik menjadi paketnya menarik,” kata Klopp ke reporter mendekati laga menantang Leicester City dalam kelanjutan Liga Inggris pada Sabtu dini hari WIB, 31 Desember 2022, seperti dikutp dari Reuters. “Besar buatnya, besar untuk kita. Hari yang membahagiakan….”

Pemain PSV Eindhoven, Cody Gakpo. REUTERS/Piroschka Van De Wouw

“Ia ialah pemain muda yang banyak kekuatan. Bila ia ada di status yang lain, cetak 40 gol, tidak di Belanda, tapi kemungkinan di Spanyol, ia tidak dapat dijangkau. Dalam masalah ini, ini berkenaan waktu dan memperoleh pemain yang pas, saat mereka belum cetak 55 gol pada sebuah musim.”

“Kami memantaunya dan ia selalu membuat cara seterusnya. Kami yakin di proses kami, saat pemain ofensif tiba kesini, mereka membuat cara maju karena langkah kami bekerja dan bisa menolong mereka.”

Gakpo akui kepindahnya ke Liverpool tidak terlepas dari seniornya di tim nasional Belanda, Virgil van Dijl, yang merayunya untuk tergabung dengan The Reds.

“Itu ialah home run (perundingan),” kata Klopp. “Kami tidak memerlukan Virgil untuk meyakinkannya, tapi ia sukai turut serta dalam beberapa hal semacam ini.”

Cody Gakpo. REUTERS/Albert Gea

Saat tim nasional Belanda masih bersaing di Piala Dunia 2022, Van Dijk sempat menjelaskan dianya lebih merekomendasikan ke Gakpo tergabung dengan Real Madrid daripada Manchester United, jika ke-2  club itu sama ajukan penawaran padanya.

“Apa Manchester United dan Real Madrid di tingkat yang serupa? Tanpa berniat menyentuh, tidak benar-benar,” kata Van Dijk sesudah bawa Belanda ke perempat final Piala Dunia selesai menaklukkan Amerika Serikat, Sabtu, 3 Desember lalu, diambil dari Mirror.

“Saya percaya ia akan ambil langkah selanjutnya, saya berpikir itu dapat terjadi, apa itu terjadi pada musim dingin, musim panas, atau tahun depannya. Waktu yang hendak menjawab,” tutur pemain berumur 31 tahun itu.

“Ia ialah anak lelaki yang luar biasa dan karyawan keras. Ia juga berpotensi dan tentunya ada semakin banyak talenta dalam dianya. Kami benar-benar suka ia bermain dengan baik sekali buat kami. Mudah-mudahan perform yang baik terus akan bersambung,” kata Van Dijk.