Korea Selatan Wajibkan Test Covid-19 untuk Wisatawan dari Cina

Korea Selatan Wajibkan Test Covid-19 untuk Wisatawan dari Cina

 

Korea Selatan terhitung mulai Jumat, 30 Desember 2022, akan mengharuskan test Covid-19 pada wisatawan dari Cina. Keputusan ini membuat Korea Selatan tergabung dengan Amerika Serikat, Jepang, dan negara lain dalam ambil langkah penangkalan sesudah angka positif Covid-19 di Cina naik dan peraturan 0 kasus Covid-19 ditarik oleh Beijing.

Jokowi Tanda tangan Perpu Cipta Kerja Airlangga Keperluan Menekan

Korea Selatan akan batasi penerbitan visa periode pendek untuk masyarakat negara Cina sampai akhir bulan kedepan. Pertama Menteri Korea Selatan Han Duck-soo menjelaskan untuk saat ini Seoul tidak menambahkan jumlah penerbangan dari Cina melalui Lapangan terbang Internasional Incheon sebagai salah satu pintu gerbang untuk tiap penerbangan dari negara tetangga.

“Kita perlu selekasnya siap-siap untuk tiap dampak riak-riak lokal susul kelonggaran ketentuan karantina Cina,” kata Han. “Kami akan siap-siap untuk ambil perlakuan yang semakin kuat bila kondisinya makin jelek, bila kami menyaksikan kenaikan infeksi yang cepat dari pendatang baru atau timbulnya variasi baru.”

Petugas keamanan dengan baju perlindungan berdiri di gerbang kompleks perumahan yang digembok saat pandemi penyakit virus corona (COVID-19) bersambung di Beijing, Cina, 22 Oktober 2022. REUTERS/Thomas Peter

Efisien berlaku mulai 5 Januari 2023, wisatawan dari Cina akan disuruh untuk memberikan hasil yang negatif test PCR tidak lebih dari 48 jam. Petinggi mengatakan, alternatif lain untuk beberapa wisatawan ialah harus test antigen cepat yang diambil dalam kurun waktu 24 jam saat sebelum keberangkatan, dan jalani test PCR kembali di saat kehadiran, berlaku per 2 Januari 2023.

Cina di bulan ini longgarkan peraturan keras Covid-19 untuk sesuaikan dengan perubahan ekonomi dalam negeri mereka. Peraturan terkini itu membuat jumlah kasus harian di Cina naik.

Ketidakjelasan data penebaran virus corona dan angka kematian yang dibagi pemerintahan menggerakkan beberapa negara untuk berlakukan atau menimbang untuk berlakukan limitasi pada wisatawan dari Cina.