Ini Ketidaksamaan Pemahaman Yahudi Israel dan Zionis

Ini Ketidaksamaan Pemahaman Yahudi Israel dan Zionis

 

Yahudi, Israel, dan zionis sebagai tiga kata yang sering dihubungkan keduanya. Ini sering memunculkan kesalahan yang memandang orang Israel sudah tentu yahudi dan sisi dari zionis.

Mencuplik annefrank.org, orang Yahudi sudah ada lebih dulu saat sebelum ada Israel. Memang betul bila sebagian besar warga Israel ialah orang Yahudi, yaitu 80 % dari keseluruhan komunitas. Tetapi, ini bermakna memutus asumsi bila semua masyarakat negara Israel sebagai seorang Yahudi dan tidak seluruhnya orang yahudi ialah warga Israel.

Polda Metro Jaya Sebutkan Rekonstruksi Ulangi Kecelakaan Mahasiswa UI untuk Transparan Kilas balik

Polisi Israel di Yerusalem Meninggal Ditikam Bocah Palestina

Israel berdiri saat Perang Dunia ke-2  pada 1948. Beberapa orang Yahudi Eropa yang selamat dari pembantaian ke Israel untuk tinggal. Disamping itu, beberapa orang Yahudi dari beberapa negara Arab yang lakukan migrasi ke Israel.

Dalam pada itu, zionis sebagai pergerakan nasionalis berlebihan yang mempunyai tujuan untuk membuat negara khusus untuk orang Yahudi di Palestina. Zionis datang dari kata ‘Zion’ yang disebut istilah Ibrani dan merujuk pada Yerusalem. Sampai sekarang ini beberapa orang saat ini masih memakai kata zionis sebagai cap negatif ke Israel yang menyumpah perlakuan Israel di Palestina.

Istilah Yahudi, Israel, dan Zionis memang mempunyai keterikatan, tetapi tidak dapat disamaratakan. Israel sebuah negara yang sebagian besar warganya beragama Yahudi. Yahudi sendiri sebuah saluran agama yang sudah exist di dunia lama, jauh saat sebelum negara Israel ada. Dalam pada itu, Zionis ialah pergerakan yang sudah dilakukan seorang atau barisan untuk membuat negara yahudi yang merdeka.

Israel Tembak Mati Bocah Palestina 14 Tahun, Dihujani Peluru di Perut

Mayoritas orang Yahudi yakini jika negara Israel harus terus ada. Tapi, ada banyak orang Yahudi, baik yang ada di Israel atau di lain tempat, memberikan dukungan negara Palestina dapat bersebelahan dengan Israel.

Ijin Pembakaran Al-Quran di Swedia, Komune Yahudi: Kekeliruan Besar

Informasi Seterusnya

Narasi WNI Jadi Sukarelawan Gempa Turki, Dengar Suara Korban di Puing-puing

16 menit yang lalu

Artikel Berkaitan

Polisi Israel di Yerusalem Meninggal Ditikam Bocah Palestina

Israel Tembak Mati Bocah Palestina 14 Tahun, Dihujani Peluru di Perut

Kuatir Permasalahan Keamanan, Team Penyelamat Israel Tinggalkan Turki

Netanyahu Janjikan Tindakan Lebih Keras pada Gempuran Palestina

Seorang Masyarakat Palestina Dibunuh Pemukim Israel di Pinggir Barat

12 Tahun Lari dari Perang, Keluarga Palestina Meninggal Jadi Korban Gempa Turki

Seorang polisi Israel disampaikan meninggal dalam gempuran penikaman yang sudah dilakukan dengan seorang anak lelaki Palestina di Yerusalem timur tempo hari.

Seorang bocah lelaki Palestina berumur 14 tahun meninggal ditembak oleh tentara Israel.

Barisan United Hatzalah dari Israel menarik teamnya dari penyelamatan korban gempa Turki karena teror keamanan.

Pertama Menteri Benjamin Netanyahu janjikan tanggapan Israel yang lebih keras dalam hadapi gempuran Palestina di Yerusalem dan Pinggir Barat.

Seorang pemukim Israel tembak sampai mati seorang masyarakat Palestina di Pinggir Barat, Sabtu, 11 Februari 2023.

Gempa Turki mengakibatkan beberapa korban jiwa, terhitung keluarga Palestina yang molorikan dari perang.

Mobil seruduk keramaian di Yerusalem akibatkan 2 masyarakat meninggal, PM Benjamin Netanyahu menyatkan sebagai gempuran teroris.

Wali Kota Barcelona sudah memutus hubungan sah kotanya dengan Israel, karena kerjakan apartheid ke Palestina

Mesir tambahkan perantaraan Israel Palestina untuk tangkal kekerasan di Yerusalem, Pinggir Barat dan menahan penebarannya ke Lajur Gaza menjelang Ramadan

Mesir tingkatkan perantaraan di antara Israel dan Palestina dalam usaha turunkan kekerasan di Yerusalem dan Pinggir Barat.