Deadline Pembayaran UKT Esok Mahasiswa UNY Menuntut 3 Hal Ini

Deadline Pembayaran UKT Esok Mahasiswa UNY Menuntut 3 Hal Ini

Beberapa puluh mahasiswa Kampus Negeri Yogyakarta (UNY) melangsungkan tindakan demo di muka Gedung Rektorat UNY pada Kamis, 19 Januari 2023. Mereka menutut universitas membenahi tata urus penetuan uang kuliah tunggal (UKT).

Koordinator umum tindakan Bunbun Darmawan menjelaskan mereka minimal memilki tiga tuntutan untuk rektorat. Pertama, rektorat membenahi mekanisme tata urus dalam penetapan UKT mahasiswa, ke-2  menambahkan pra persyaratan penetapan UKT.

“Jadi ketentuannya bukan hanya orangtua wafat, tetapi juga keadaan ekonomi yang susah dan ke-3  minta waktu perpanjangan untuk pembayaran UKT,” katanya di selang tindakan ke Tempo, Kamis, 19 Januari 2023.

Mahasiswa jalur Management Fakuktas Ekonomi UNY angkatan 2020 itu menjelaskan point yang paling disorot ialah persyaratan untuk memperoleh pengurangan UKT. Dalam surat selebaran No 1/SE/2023, peralihan UKT baru dapat terjadi jika orangtua mahasiswa wafat. Walau sebenarnya, katanya, hal tersebut berlawanan dalam Pasal 9 ayat (4) Permendikbud No 25 Tahun 2020 yang menyebutkan pengurangan UKT dapat dilaksanakan jika keadaan ekonomi mahasiswa susah.

“Yang paling kami soroti ialah keputusan rektor, apa untuk pengurangan UKT itu minimum orangtua mahasiswa harus wafat dahulu? Walau sebenarnya di Permendikbud untuk pengurangan UKT ketetapannya cuma mensyarakatkan bila keadaan ekonomi mahasiswa kurang kuat,” tutur Bunbun.

RUU PPRT Belum Ditetapkan DPR, Puan Maharani Ulasannya Harus Berkualitas

Dalam tindakan yang dijaga erat belasan satpam itu, mahasiswa pilih bertahan dan tidak ingin pulang karena belum sukses berjumpa Rektor UNY Sumaryanto.

“Deadline pembayaran UKT jatuh pada 20 Januari 2023 esok, hingga kini ada beberapa ratus mahasiswa siap-siap cuti karena tidak dapat bayar uang kuliah itu dan kami tidak dapat berjumpa rektor untuk mengulas masalah ini,” kata seorang mahasiswa dari Fakultas Pengetahuan Keolahragaan (FIK) UNY, Aldino di selang tindakan.

Aldino menjelaskan data yang digabungkan survey UNY Bergerak mengatakan minimal 160 mahasiswa UNY beragam fakultas siap-siap cuti pada semester depan karena tidak sanggup bayar UKT. Besaran UKT UNY sekitar Rp 500 ribu sampai Rp enam juta. Mereka yang berkeberatan biasanya yang dari UKT dengan besaran Rp tiga juta ke atas.

“Kami cuma dijajakan berjumpa dengan Sisi Keuangan, walau sebenarnya tuntutan kami harus berjumpa rektor, karena rektor lah yang dapat putuskan masalah pembenahan mekanisme UKT yang memperberat ini,” kata Aldino.

Pengamatan Tempo, tindakan yang diawali jam 15.30 WIB itu belum buyar sampai 17.00 WIB. Mahasiswa isi waktu menanti kehadiran rektor itu dengan berkomunikasi dengan sisi keuangan sambil duduk lesehatan di luar gedung rektorat.

Cerita mahasiswa UNY, anak pekerja sembarangan yang berusaha kuliah dengan KIP Kuliah.

UNY menentang menyulitkan birokrasi mahasiswa yang ingin memperoleh kemudahan UKT

Direktur Kemahasiswaan UGM Sindung Tjahyadi sampaikan Kampus Gadjah Mada tiap tahun membagikan beberapa ratus miliar untuk beasiswa mahasiswa.

Perwakilan rektorat Kampus Negeri Yogyakarta (UNY) memberi respon tekanan mahasiswa yang minta pembenahan mekanisme UKT.

Beberapa puluh mahasiswa Kampus Negeri Yogyakarta (UNY) dari beragam komponen dan lintasi fakultas melangsungkan demo di kantor rektorat universitas.

Hebat 3 Tekno Informasi Hari Ini, Selasa 17 Januari 2023, terdiri dari 1 informasi peristiwa gempa yaitu Gempa Malang Magnitudo 5,1 dan dua informasi dari UNY.

Faksi Kampus Negeri Yogyakarta (UNY) sudah panggil Rachmad Ganta Semendawai, mahasiswa yang mengupload utas cerita getir Nur Riska.

Mahasiswa Pengetahuan Riwayat UNY Rachmad Ganta Semendawai menjelaskan seharusnya universitas menolong secara institusional menolong UKT mahasiswa.

Hebat 3 Tekno Informasi Tempo hari, Senin 17 Januari 2023, diawali dari artikel mengenai gempa M6,2 yang mengguncangkan dari laut di Kabupaten Aceh Singkil.

Mahasiswa UNY melangsungkan tindakan simbolis menerbangkan pesawat kertas sebagai lambang diawalinya perlawanan pada mekanisme universitas yang tidak pro ekonomi kurang kuat.